KITAB JIHAD HADITS KEDUA

Unknown | 06:35 | 0 comments


و حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَاللَّفْظُ لِعَلِيٍّ وَزُهَيْرٍ قَالَ عَلِيٌّ أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعَ عَمْرٌو جَابِرًا يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحَرْبُ خَدْعَةٌ
(MUSLIM - 3273) : Dan telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr As Sa'di dan 'Amru An Naqid dan Zuhair bin Harb sedangkan lafadznya dari Ali dan Zuhair, Ali berkata; telah mengabarkan kepada kami, sedangkan yang dua orang mengatakan; telah menceritakan kepada kami Sufyan dia berkata; 'Amru pernah mendengar Jabir berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perang adalah tipu daya."
Kedudukan Hadits.
Hadits ini dikeluarkan oleh Muslim dengan nomor Hadits 3273, kitab Jihad dan ekspedisinya, dalam Bab "Bolehnya tipuan dalam perang". Hadits ini juga dikeluarkan oleh bebrapa pentakhrij Hadits, diantaranya, Bukhor, Abu daud, Ibnu majah, Turmudzi dan sebagainya.
Hadits ini derajatnya shohih yang diriwayatkan Oleh sahabat Jabir bin Abdullah bin Amru bin Haram, kuniyah beliau adalah Abu Abdullah, tinggal dimadinah dan wafat pada tahun 78 H. Kemudian para perawi dibawah beliau semuanya Tsiqah.'
Dalam riwayat Thabrani, Rawiyul A'la pada Hadits ini ada pada riwayat dari Aisyah Radiyallahu Anha, sebagai mana yang tertulis dalam kitab Takhrij wa Jabaid, sedangkan dalam Riwayat Bukhori Hadits ini diriwayatkan melaui jalur Abu Hurairah dengan sedikit tambahan Matan didepannya.
Sedangkan Ibnu Hanbal meriwayatkan Hadits ini melalui jalur Asma' Binti Yajid sebagai mana yang tertulis dalam Musnadnya juz 6 hal 459 hadits nomor ke 27638, dengan tambahan Hadits sebagai berikut:
عن أسماء بنت يزيد عن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا يصلح الكذب الا في ثلاث كذب الرجل مع امرأته لترضى عنه أو كذب في الحرب فان الحرب خدعة أو كذب في إصلاح بين الناس
Kedustaan itu tidak halal kecuali pada tiga hal; seorang suami yang berbicara terhadap isterinya agar ia ridla padanya; kedustaan pada peperangan; dan kedustaan yang dilakukan dalam rangka untuk mendamaikan (sesama) manusia.
Secara garis besar hadits diatas diriwayatkan oleh jama'ah dari para sahabat diantaranya, Abu Hurairah, Anas, Ka'ab bin Malik, Ibnu Abas, A'isyah, Al Bajjar, Husain, Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Salam, Auf bin Malik, Na'im bin Mas'ud, Nawas bin Sam'an, Ibnu Asakir, Khalid bin Walid dan lain sebagainya.
Penjelasan Hadits.
Imam Nawawia mwngomentari hadits ini, beliau berkata; Ulama' kaum Muslimin sepakat akan kehalalan tipudaya dalam memerangi orang kafir, selama hal itu tidak melanggar pejanjian keamanan.
Maka kebolehan tipu daya kepada orang kafir dalam memerangi mereka dihalalkan dengan syarat tidak adanya perjanjian antara kaum Msulimin dengan mereka atau tidak adanya fase aman antara kedua belah pihak.
Dalam hal ini terjadi juga perselisihan dikalngan kaum Muslimin, ada yang mengatakan bahwa hal ini hanyalah sekedar pengkabaran dari Rasulullah, bukan bersifat tasri' (pensyareatan). Ada juga yang mengatakan bahwa hal ini adalah pensyaratan bukan hanya sekedar khabar, namun yang lebih rajih Wallahu A'lam adalah pendapat mayoritas bahwa hal ini adalah bersifat khabar yang disyareatkan, sebagai mana makna yang bisa ditangkap dari sabda Beliau Sallahu Alaihi wasallam:
" إنما الحرب خدعة فاصنع ما تريد "




BACA JUGA

HERBAL ONLINE

PENERBIT QURAN

JARINGAN IKLAN GRATIS

cara facebook,cara membuat kue,cara membuat blogger,cara membuat cake,cara photoshop,cara twitter,cara belajar,cara membuat facebook,cara membuat website,cara buat blog,cara download idm,cara membuat email,cara membuat e-mail,cara mempercepat koneksi,cara membuat mail,cara buat facebook,cara koneksi internet,cara mempercepat internet,cara buat email,cara buat e-mail,cara edit foto,cara membuat twitter,cara memasak,cara mengedit foto,cara buat blogger,cara membuat puding,cara hamil,cara buat twitter,cara edit photo,cara membuat mie,cara membuat coklat,cara mengedit photo,cara membuat bakso,cara membuat donat,cara menggambar,cara cara seks,cara seks,cara membuat animasi,cara bisnis,cara membuat video,cara bikin blog,cara edit photoshop,cara membuat aplikasi,cara membuat blogspot,cara membuat game,cara mengirim email,cara download game,cara membuat logo,cara internet gratis,cara buat web gratis

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments