ALAM KUBUR DAN FATWA SEKITAR ALAM KUBUR

Unknown | 02:23 | 0 comments

Adzab Kubur

Oleh: Muhammad Singgih Pamungkas

Setiap orang akan merasakan kematian. Pasti! Tidak ada suatu makhluk pun kecuali akan merasakannya. Allah ta'ala berfirman: "setiap yang bernyawa akan merasakan mati" (Al Imron: 185).
Ketika seseorang meninggal, maka yang pertama kali disinggahinya adalah alam qubur. Ya! Alam kubur, alam yang menjadi penghubung antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Alam yang menjadi pertanda bagaimana kehidupan setelahnya, apakah dia termasuk orang yang beruntung, ataukah sebaliknya dia termasuk orang yang celaka. Bagi orang yang taat, Allah telah menyediakan kenikmatan didalamnya. Sebaliknya, bagi orang yang durhaka Allah telah menyediakan adzab kubur. Dan di dalam kubur, setiap orang akan dihimpit, baik orang kafir, maupun Mu'min akan mengalami himpitan tersebut. Sebagaimana sabda Rosulullah Shallallahu 'alaihi wasallam: "sesungguhnya kuburan itu memiliki himpitan, seandainya ada orang yang selamat darinya, maka akan selamatlah Sa'ad bin Mu'adz." (HR Ahmad)
Sa'ad bin Mu'adz akan mengalami himpitan kubur! Padahal dia adalah seorang sahabat, pemimpin yang mulia, kematiannya mengguncang arsy, dibukakan baginya pintu pintu langit, dan kesyahidannya disaksikan oleh tujuh puluh ribu malaikat! Tapi meskipun begitu, dia tetap akan dihimpit dalam kuburnya, lalu bagaimana dengan kita?!

Dalil mengenai adanya adzab qubur.

Allah ta'ala berfirman:
Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". (Al Mu'min: 45-46)
Ayat ini menceritakan tentang keadaan fir'aun dan kaumnya ketika di alam qubur. Yaitu ditampakan kepadanya sikasaan yang akan mereka terima di dalam neraka, yang kelak mereka akan ditempatkan didalamnya.ٍ
Dari Ibnu Abbas Rodhiyallahu 'anhuma, dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melewati dua kuburan, beliau lalu bersabda: "Ketahuilah, sesungguhnya dua mayat ini sedang disiksa. Dan mereka berdua disiksa bukan karena melakukan dosa besar. Salah seorang di antara mereka disiksa karena suka mengadu-domba sedangkan yang lainnya disiksa karena tidak memasang satir saat kencing." Kemudian beliau meminta pelepah kurma basah, lalu membelahnya menjadi dua. Kemudian beliau menanam salah satunya pada kubur yang pertama dan yang satu lagi pada kubur yang kedua sambil bersabda: "Semoga pelepah ini bisa meringankan siksa keduanya, selama ia belum kering.(HR Bukhori Muslim)
Dan dari 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika seorang dari kalian meninggal dunia maka akan ditampakkan kepadanya tempat duduk (tinggal) nya setiap pagi dan petang hari. Jika dia termasuk penduduk surga, maka akan (melihat kedudukannya) sebagai penduduk surga dan jika dia termasuk penduduk neraka, maka akan (melihat kedudukannya) sebagai penduduk neraka lalu dikatakan kepadanya inilah tempat duduk tinggalmu hingga nanti Allah membangkitkanmu pada hari qiyamat". (HR Bukhori Muslim)
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam juga telah memperingatkan: "Sesungguhnya ummat ini diuji dikuburnya. Andai kalian tidak berlarian, niscaya aku berdoa kepada Allah agar memperdengarkan adzab kubur pada kalian seperti aku dengar." Setelah itu beliau menghadapkan wajah ke arah kami lalu bersabda: "Berlindunglah diri kepada Allah dari adzab neraka." mereka berkata: Kami berlindung diri kepada Allah dari adzab neraka." beliau bersabda: "Berlindunglah diri kepada Allah dari adzab kubur." mereka berkata: Kami berlindung diri kepada Allah dari adzab kubur." Beliau bersabda: "Berlindunglah diri kepada Allah dari fitnah-fitnah yang nampak dan yang teresmbunyi." Mereka berkata: Kami berlindung diri kepada Allah dari fitnah-fitnah yang nampak dan yang tersembunyi." Beliau bersabda: "Berlindunglah diri kepada Allah dari fitnahnya Dajjal." mereka berkata: Kami berlindung diri kepada Allah dari fitnahnya Dajjal. (HR Muslim)
Apa itu adzab Qubur?
Adzab kubur adalah adzabul barzah, barzah adalah senggang waktu dari kematian seseorang sampai hari kebangkitan/pembalasan, ini adalah kesepakatan para ulama mufasir.
Dan adzab kubur ada dua macam, yaitu:
1. Adzab yang terus menerus, yang tiada hentinya sampai akhir kiamat, ini diperuntukan khusus bagi orang-orang kafir.
2. Adzab yang memiliki batas tertentu, sesuai dengan tingkat kemaksiatannya. Ada yang lama dan ada juga yang sebentar, dan adzab ini suatu saat bisa terputus disebabkan beberapa hal, yaitu: adanya do'a/permohonan ampun dari seseorang, shodakoh, atau ampunan Allah bagi siapa yang Allah kehendaki. Dan perlu diketahui adzab dan nikmat kubur itu akan di rasakan oleh ruh dan jasad secara bersamaan.
Sebab sebab siksa qubur.
Ibnu Qoyyim Rahimahullah dalam kitabnya Ar Ruh menyebutkan ada beberapa dosa dan maksiat yang menyebabkan kita disiksa di dalam kubur, diantaranya: "Melalaikan Sholat, membaca Al Qur'an kemudian melupakannya, tidak bersuci setelah buang air, berbohong, tidak membayar zakat, pola hidup yang berlebihan, memakan riba, korupsi, memfitnah sesama saudara muslim, khianat terhadap amanah, enggan menolong saudara seiman, meminum khomer, berzina, dan membunuh."
Ya Allah sesungguhnya saya berlindung kepadamu dari adzab qubur dan dari adzab api neraka, dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian, serta dari fitnah Al Masih Dajjal.




Fatwa Tentang Adzab Qubur
Pertanyaan:
Apakah adzab qubur itu menimpa ruh saja ataukah juga dengan badan?
Jawaban:
Tentang adanya adzab Qubur telah ditetapkan dalam Al Qur'an dan Sunnah Rosulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Dalam Al Qur'an, Allah ta'ala berfirman: "sekiranya engkau melihat pada waktu orang orang dzolim berada dalam kesakitan sakarotul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata) : "keluarkanlah nyawamu". Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena kamu) menyombongkan diri terhadap ayat ayat Nya. (Al An'am: 93) dan firman Allah yang menceritakan keadaan Fir'aun di dalam kubur: "Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". (Al Mu'min: 45-46)
Adapun hadits hadits yang menyebutkan tentang adzab qubur sangat banyak sekali, diantaranya hadits yang umum diketahui oleh kaum Muslimin yaitu perkataan orang yang sholat, (mengatakan dalam sholatnya): "Ya Allah sesungguhnya saya berlindung kepadamu dari adzab qubur dan dari adzab api neraka, dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian, serta dari fitnah Al Masih Dajjal.
Dan adzab kubur pada asalnya menimpa ruh, meskipun terkadang menimpa jasad (juga). Begitu juga dengan pertanyaan. Pertanyaan manusia tentang Tuhan, agama, dan nabinya ketika dikubur. Dalam hal ini ruhnya dikembalikan kepada jasadnya, akan tetapi dikembalikan dalam jasad di alam barzahk yang berbeda dan tidak berhubungan dengan jasad ketika di dunia. Kemudian orang yang mati tersebut akan ditanya tentang tuhan , agama, dan nabinya. Kalau dia seorang kafir atau munafik, dia akan mengatakan, hah hah aku tidak tahu, saya hanya mendengar orang berbicara maka saya katakan seperti itu, maka ditempelenglah ia dengan palu dari besi, hingga dia berteriak dengan teriakan yang didengar oleh seluruh makhluk kecuali manusia, yang seandainya manusia mendengarnya tentu akan pingsan.
(Fatawa Islamiyah, Syaikh Abdullah Jibrin, Maktabah Syamilah)











BACA JUGA

HERBAL ONLINE

PENERBIT QURAN

JARINGAN IKLAN GRATIS

cara facebook,cara membuat kue,cara membuat blogger,cara membuat cake,cara photoshop,cara twitter,cara belajar,cara membuat facebook,cara membuat website,cara buat blog,cara download idm,cara membuat email,cara membuat e-mail,cara mempercepat koneksi,cara membuat mail,cara buat facebook,cara koneksi internet,cara mempercepat internet,cara buat email,cara buat e-mail,cara edit foto,cara membuat twitter,cara memasak,cara mengedit foto,cara buat blogger,cara membuat puding,cara hamil,cara buat twitter,cara edit photo,cara membuat mie,cara membuat coklat,cara mengedit photo,cara membuat bakso,cara membuat donat,cara menggambar,cara cara seks,cara seks,cara membuat animasi,cara bisnis,cara membuat video,cara bikin blog,cara edit photoshop,cara membuat aplikasi,cara membuat blogspot,cara membuat game,cara mengirim email,cara download game,cara membuat logo,cara internet gratis,cara buat web gratis

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments